Strategi Marketing Gaya Lama Yang Menjadi Andalan

Strategi Marketing | Dalam memasarkan suatu produk, banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan agar produk tersebut dikenal masyarakat luas. Selain pemasaran produk secara online yang sedang hangat dibicarakan sekarang ini, ada juga strategi marketing gaya lama yang tetap dilakukan para pelaku bisnis. Pentingnya relasi antar pembeli dan penjual agar terciptanya loyalitas dari si pembeli dan terus-menerus membeli produk dari penjual itu secara terus-menerus. Untuk itulah dibutuhkan strategi marketing untuk membantu mempromosikan dan menjalankan bisnis Anda dengan baik.


strategi marketing
Strategi Marketing


Untuk menjalankan bisnis tentu dibutuhkan strategi marketing yang akan membantu mengenalkan bisnis Anda ke publik. Banyak strategi marketing yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk Anda. Mempromosikan produk di zaman serba modern seperti sekarang ini bisa melalui cara promosi marketing online, tetapi ada juga strategi marketing gaya lama yang  tetap menjadi andalan Anda untuk berpromosi. Berikut strateginya: 

1. Relasi


Berkembangnya suatu bisnis berawal dari kerabat, teman dekat, atau keluarga. Mereka bisa menjadi salah satu alat marketing yang ampuh untuk memulai bisnis Anda. Biasanya keluarga atau teman dekat akan mempromosikan bisnis Anda kepada kenalan mereka yang lain. Untuk menambah relasi Anda, jangan lupa berinteraksi aktif dengan orang-orang baru. Siapa tahu nantinya mereka bisa membantu mempromosikan produk Anda bukan?

2. Penyebaran Informasi dari “Mulut ke Mulut”


Cara marketing ini sangat ampuh untuk membuat masyarakat tahu tentang bisnis Anda. Biasanya penyebaran informasi mulut dari mulut secara natural dapat terjadi jika ada salah satu customer Anda yang merasa puas akan kualitas produk Anda dan menyebarkannya ke orang lain. Dari penyebaran informasi inilah produk Anda akan dikenal secara psotif oleh orang lain. Selain itu, anda juga dapat meminta karyawan Anda untuk menyebarkan informasi ke lingkungan tempat tinggalnya.

3. Tatap Muka


Walaupun startegi marketing online sangat efektif, tetap tidak bisa menggantikan tatap muka langsung antara pembeli dan penjual. Dari pertemuan inilah yang akan menimbulkan kedekatan dan menjadikan timbulnya emosi positif serta loyalitas antara pembeli dan penjual. Jika secara online hanya bisa memposting produk yang dijual, dengan bertemu langsung, selain menjual produk, penjual juga bisa membanguan kedekatan dengan si pembeli.

4. Coba Produk


Salah satu kelemahan marketing online adalah produk yang dijual tidak bisa dicoba terlebih dahulu padahal orang biasanya ingin mencoba produk tersebut apakah muat atau tidak di badannya dan juga untuk menyesuaikan model baju tersebut sesuai atau tidak. Seringkali model yang dipergunakan untuk mempromosikan produk tertentu berbeda dengan si pembeli. Maka dari itu startegi marketing lama yang salah satu caranya adalah mencoba produk terlebih dahulu bisa menjadi keuntungan untuk mempromosikan produk tersebut. 

5. Ciptakan Koneksi yang Baik


Koneksi yang baik dapat menjadi sarana untuk Anda membangun loyalitas dengan customer. Hal-hal kecil seperti perhatian, menanyakan kabar, atau mengucapkan ucapan ulang tahun dapat menambah kedekatan antara pembeli dan penjual. 

Bagi para pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produk Anda, selain dengan melakukan marketing online, Anda juga harus mempraktekkan marketing lama yang akan menambah cakupan promosi produk Anda. Pada intinya mempromosikan suatu produk bukan hanya tentang mengiklankan suatu produk secara terus-menerus. Selain hal itu, ada juga faktor-faktor yang dapat membangun loyalitas antara pembeli dan penjual, untuk itulah dibutuhkan strategi marketing yang tepat untuk membangun bisnis Anda.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai kursus .net  dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »