Peluang Usaha Bimbingan Belajar

Peluang Usaha Bimbingan Belajar | Pernahkah Anda lihat materi pelajaran anak sekolah dasar yang semakin sulit? Dahulu mungkin kita menerima pelajaran bahasa inggris, science, atau ilmu pelajaran sosial saat kita menginjak kelas 3 SD. Tetapi pada saat ini anak kelas 1 SD harus menerima semua pelajaran tersebut. Bayangkan saja, anak kelas 1 SD harus menerima load pelajaran yang banyak dan dituntut untuk memahami semuanya. Mau tidak mau, anak-anak harus mengikuti aturan yang ditetapkan sesuai kurikulum yang berlaku. Karena tuntutan yang begitu berat, maka anak-anak juga membutuhkan waktu ekstra atau waktu tambahan di luar sekolah untuk memahami semua pelajaran sekolah yang diberikan. Untuk lebih memahami pelajaran sekolah yang diberikan, maka anak-anak juga butuh belajar di rumah. Tetapi, tidak semua orang tua bisa mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Banyak anak-anak yang orangtuanya bekerja sehingga kurang perhatian dalam belajar. salah satu sarana untuk mengganti dampingan orang tua untuk menemani anaknya dalam belajar adalah dengan mengikuti program bimbingan belajar. Inilah faktor awal timbulnya peluang usaha bimbingan belajar.


peluang usaha bimbingan belajar, peluang usaha


Usaha bimbingan belajar semakin menjamur semakin bertambahnya jumlah anak sekolah. Lihat saja, banyak tempat bimbingan belajar yang sudah dikenal ataupun yang baru merintis dapat kita jumpai. Bahkan, hampir di setiap jalan atau perumahan ada. Tidak sulit mewujudkan peluang usaha ini, alat yang digunakan, sumber daya manusia, dan materi yang disajikan bisa didapat dengan mudah. Inilah beberapa alasan yang mungkin membuat Anda tertarik dengan usaha bimbingan belajar:

1. Alat Pendukung yang Mudah Didapatkan


Alat pendukung yang diperlukan untuk memulai suatu usaha bimbingan belajar tidaklah sulit didapatkan. Instrumen yang dibutuhkan pun sama dengan yang ada di sekolah. Bangku, meja tulis, whiteboard dan alat tulis adalah alat yang dibutuhkan dan mudah untuk mendapatkannya.

2. Sumber Daya Manusia


Sumber daya manusia untuk mengajar anak-anak yang ingin ikut dalam bimbingan belajar pun tidak sulit mencarinya. Biasanya mahasiswa-mahasisiwi banyak yang ingin menambah uang saku dengan menjadi pengajar bimbingan belajar. banyak pula bimbingan belajar yang mempekerjakan mahasiswa atau mahasiswi karena biasanya mereka lebih enerjik dalam mengajar.

3. Tempat


Untuk memulai suatu usaha bimbingan belajar bisa dimulai dengan rumah Anda sendiri atau menyewa tempat. Jika Anda memiliki ruang kosong di rumah Anda, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat ruangan belajar. 

4. Pangsa Pasar


Jangan takut untuk tidak mendapatkan konsumen. Biasanya pangsa pasar Anda adalah orang tua yang memiliki anak disektiar tempat bimbingan belajar Anda. Orang tua akan lebih memilih memasukan anaknya ke bimbingan belajar yang lebih dekat dengan tempat tinggal mereka agar anak mereka lebih aman.

5. Bahan Ajar yang Mudah Didapat


Bahan ajar yang digunakan oleh bimbingan belajar bisa diambil dari buku pelajaran sekolah. Sangat mudah dan praktis serta tidak terlampau jauh dari materi yang diajarkan di sekolah.

Mudahnya mewujudkan peluang usaha bimbingan belajar membuat bisnis ini banyak dilakukan. Keuntungan yang didapatkan pun cukup meyakinkan. Jika Anda tidak ingin terjun langsung mengajar, Anda bisa mengawasi proses mengajar pada bimbingan belajar yang Anda buat. Untuk permulaan, mulailah membuka bimbingan belajar untuk anak sekolah dasar, setelah itu seterusnya Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan membuka bimbingan belajar untuk SMP, SMA, dan Bimbingan belajar untuk persiapan memasuki universitas yang diinginkan.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai strategi marketing dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »