Peluang Usaha Cuci Motor

Peluang usaha cuci motor sepertinya menjadi salah satu usaha kecil yang memiliki prospek cerah. Lihat saja, di sepanjang jalanan utama, di kampung-kampung, di perumahan, pasti ada saja orang yang membuka jasa pencucian motor. Banyaknya volume kendaraan bermotor yang mendominasi jalan raya menjadikan peluang usaha cuci motor ini disambut baik bagi para pebisnis kecil dan menengah. Selain Karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, kebutuhan akan jasa pencucian motor ini patut dipertimbangkan. Semakin lama jumlah motor semakin bertambah seiring bertambahnya  jumlah penduduk. Ada beberapa alasan mengapa peluang usaha cuci motor ini patut dipertimbangkan, yaitu:

1. Modal Tidak Terlalu Besar


Untuk memulai usaha cuci motor ini tidak memerlukan banyak dana. Modal utama yang dibutuhkan adalah shampoo motor, kanebo, mesin air, sikat, dan karyawan. Memang kelihatan usaha cuci motor ini sangat sederhana, tetapi bisa mnghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

2. Pangsa Pasar Yang Bagus


Pangsa pasar bisnis ini adalah masyarakat yang memiliki motor. Motor pun sekarang sudah seperti kacang goreng, setiap keluarga bisa mempunyai motor lebih dari satu. Tentu dengan memiliki motor, Anda wajib merawatnya. Banyaknya volume motor membuat semakin besar kesempatan usaha Anda untuk berkembang.

3. Tingkat Kesibukan Yang Tinggi


Orang yang sibuk akan aktifitasnya akan sedikit lupa untuk merawat motornya. Jika seperti itu, akan lebih mudah mencuci motor di tempat pencucian motor daripada mencuci sendiri. Waktu yang dihabiskan untuk mencuci motor ditempat pencucian motor pun lebih singkat daripada jika kita mencucui sendiri.

4. Faktor Malas


Banyak orang yang enggan untuk merawat motor mereka sendiri. Salah satu contohnya adalah mencuci motor. Kadang rasa malas untuk mencuci motor sendiri disebabkan karena kelelahan. maka dari itulah banyak orang yang mencuci motor mereka di jasa pencucian motor. Hanya dengan membayar sekitar 8 ribu sampai 15 ribu rupiah, motor Anda akan kembali bersih.

5. Faktor Cuaca


Menghadapi musim penghujan seperti ini, usaha cuci motor akan kebanjiran pelanggan. Motor akan lebih cepat kotor karena hujan dapat menimbulkan cipratan yang akan membuat motor menjadi kotor. 


peluang usaha cuci motor
Peluang Usaha Cuci Motor


Setalah dipaparkan alasan-alasan mengapa peluang usaha cuci motor menjadi salah satu bisnis yang patut dipertimbangkan, Anda mungkin memerlukan tips-tips jika Anda ingin membuka usaha cuci motor, diantaranya adalah:

1. Pemilihan Tempat Yang Strategis


Tempat usaha cuci motor tidak perlu terlalu bagus, yang terpenting adalah strategis agar tempat usaha Anda mudah dilihat. Pilihlah tempat yang berada di pinggiran jalan besar agar bisnis Anda cepat berkembang. Tempat-tempat yang biasa digunakan untuk membuka usaha cuci motor adalah di SPBU, di stasiun, disamping bengkel, atau di pusat perbelanjaan.

2. Layanan Yang Memuaskan


Dalam memberikan layanan bisnis cuci motor, Anda harus mengedepankan sisi kebersihan dan kecepatan kerja. Biasanya orang yang mempercayakan motor mereka untuk dicuci di tempat pencucian motor adalah karena mereka ingin motor mereka bersih dan dalam waktu yang singkat.

3. Harga Yang Kompetitif


Berikan harga yang kompetitif. Kemungkinan banyaknya saingan pasti ada. Tidak jarang orang memilih suatu produk atas dasar harga yang lebih murah, bukan kualitas.

4. Hiburan


Banyak orang yang bosan menunggu saat proses cuci motor, ada baiknya berikan hiburan bagi pemilik motor. Misalnya dengan memasang televisi di tempat usaha pencucian motor Anda, hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan minuman dingin, selain untuk membuat nyaman bagi para pemilik motor yang menunggu kendaraannya dicuci, ini juga bisa menjadi omzet sampingan Anda.

Setelah membaca peluang usaha cuci motor diatas apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis di bidang tersebut? Jika ya, silahkan persiapkan bisnis Anda dari sekarang. Jika belum tertarik, masih banyak peluang usaha pada artikel lainnya yang mungkin dapat membuat Anda tertarik mencobanya.
Previous
Next Post »