Peluang Usaha Wedding Photographer

Peluang Usaha Wedding Photographer | Apakah Anda sering melihat janur kuning yang ada di sepanjang jalan? Sering bukan? janur kuning menandakan adanya pesta pernikahan. Apalagi di bulan-bulan setelah hari raya, banyak sekali pasangan yang melangsungkan pernikahan. Menikah adalah suatu fase yang diinginkan semua orang. Oleh karena itu banyak pasangan yang ingin mengabadikan momen berharga mereka dalam foto ataupun video. Tidak dipungkiri, kehadiran wedding photographer menjadi sebuah keharusan pada setiap pesta pernikahan. Selain pada saat pesta pernikahan, banyak juga pasangan yang ingin mengabadikan momen prewedding mereka. Untuk mempercantik foto tersebut biasanya pasangan menyewa wedding photographer yang khusus dihadirkan untuk menangkap momen bahagia tersebut. Dari kebutuhan untuk menangani foto pernikahan ini maka peluang usaha wedding photographer banyak diminati.

Wedding photographer sendiri merupakan profesi yang tidak terikat waktu karena pekerjaan wedding photographer tergantung pada permintaan. Banyak mahasiswa jurusan fotografi yang mengambil peluang usaha ini untuk tambahan uang saku. Dengan hasil yang lumayan besar per sekali acara pernikahan dan dengan waktu yang cukup singkat, peluang usaha wedding photographer ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba. 

Untuk memulai usaha wedding photographer setidaknya Anda harus memiliki peralatan utama yaitu kamera. Kamera yang biasa digunakan oleh wedding photographer adalah kamera DSLR Fullframe, memang kamera jenis ini tergolong mahal, tetapi harga yang mahal menjamin kualitas foto yang lebih baik. Banyak pasangan yang bertanya terlebih dahulu kamera apa yang digunakan, karena itulah Anda harus memiliki kamera yang bagus untuk meyakinkan calon konsumen. Selain kamera dan perlengkapannya, Anda juga harus mengerti cara mengambil gambar yang baik. Seorang wedding photographer yang handal mempunyai insting dan tau cara menangkap momen dalam sebuah jepretan kamera dengan baik.


peluang usaha wedding photographer
Peluang Usaha Wedding Photographer


Profesi wedding photographer tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang profesional. Mahasiswa yang belajar di jurusan fotografi bisa mengambil peluang usaha wedding photographer ini untuk mengasah kemampuan fotografi mereka. Selain mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda pada setiap pesta pernikahan yang ditangani, menjadi wedding photographer juga merupakan profesi yang menjanjikan. Selain itu, bagi mahasiswa yang tertarik di usaha wedding photographer, usaha ini juga tidak akan mengganggu waktu kuliah mereka. Umumnya pernikahan haya memerlukan waktu setengah atau satu hari, waktu yang fleksibel ini menjadi nilai tambah untuk memulai bisnis di bidang wedding photographer.

Sah-sah saja untuk menetapkan harga bagi bisnis wedding photographer Anda. Harus dihitung besar biaya yang dikeluarkan untuk sebuah permintaan foto pernikahan. Umumnya harga yang dipatok sebuah penyedia wedding photgrapher berkisar dari 2 juta sampai 20 juta rupiah, itu semua tergantung pada jasa yang digunakan, hasil foto dan video yang diinginkan, serta editing. Untuk paket foto yang paling standart dengan kisaran harga 2 juta biasanya ditawarkan adalah jasa foto dengan hasil 1 buah kolase, 1 buah dvd atas hasil video shooting serta master foto dan video. Jika ingin hasil yang lebih banyak, harga pun akan bertambah. Mungkin ada yang heran dengan biaya jasa wedding photographer yang berkisar 20 juta, harga yang tinggi memang menghasilkan kepuasan yang berbeda pula. Untuk paket wedding photographer yang mematok harga 20 juta untuk jasanya, sebagai timbal baliknya pasangan akan mendapatkan hasil foto yang lebih bagus, editing lebih baik, sarana album foto yang lebih banyak serta studio mini.

Untuk memulai usaha wedding photographer ini dan mempromosikannya, mulailah dengan orang terdekat Anda. Dari situlah usaha Anda akan berkembang dari mulut ke mulut. Peluang usaha wedding photgrapher ini sangat menjanjikan bila Anda serius ingin melakukannya karena kesuksesan bisnis Anda tergantung dari niat atau tekad Anda. 
Previous
Next Post »