Keuntungan Berbisnis Produk Digital

bisnis produk digital
Bisnis Produk Digital | Mungkin banyak dari kita yang belum mengerti tentang “apa itu produk digital ?” hal ini wajar karena kita tidak pernah membuatnya namun sebenarnya kita selalu terlibat dalam hal pemasaran maupun penggunaan produk digital ini. penjelasan secara mudah, produk digital merupakan sebuah produk non fisik atau tidak memiliki fisik atau sebuah file digital yang dapat dipresentasikan atau dimunculkan menggunakan sebuah perangkat digital. Banyak sekali contohnya seperti aplikasi perangkat, game, gambar 3D, karya tulis yang dijadikan sebagai ebook, lagu, dan masih banyak lagi produk digital lainnya.

Bagi anda para pemuda yang berminat untuk berbisnis di masa depan, anda mulailah bergerak di bidang multimedia digital yang memproduksi produk-produk digital. Karena beberapa tahun yang akan datang diprediksi banyak sekali produk digital yang akan menjadi suatu produk bisnis yang akan mendapatkan perhatian lebih karena peningkatannya. Hal ini menyusul pertumbuhan teknologi yang kian canggih dan juga layanan penyedia jasa internet yang akan kian cepat. Maka dari itu jangan heran jika pasar bisnis beberapa tahun mendatang akan menghadirkan produk digital dengan keuntungan yang luar biasa.

Namun, apakah anda tidak ada pikiran untuk menjadi seorang pebisnis ? apa anda ingin terus menjadi konsumen ? tentu tidak bukan. Maka dari itu mulailah dari saat ini unuk membuat produk digital versi anda sendiri. dengan banyaknya teknologi canggih saat ini, tentunya tidak akan ada kesulitan dalam menghasilkan produk digital versi anda. anda juga bisa mencari ilmu dengan meminta les private untuk membuat sebuah produk digital untuk memperluas wawasan anda. agar anda lebih tertarik lagi, mari disimak beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan membuat sebuah produk digital versi anda sendiri.
  1. Biaya produksi kecil. Berbeda dengan bisnis lainnya yang memproduksi barang siap dijual dengan harga pokok produksi yang mahal, produk digital bisa dikatakan tidak terlalu mahal walaupun tetap ada biayanya. Salah satu contohnya adalah anda seorang penulis dan ingin menjual hasil karya anda. maka anda dapat menjual hasil karya anda tersebut secara online. Dengan begitu tentu akan banyak biaya yang berkurang ketimbang mencetak hasil karya tulis anda tersebut. dengan menjual secara offline, anda perlu mencetak karya tulis tersebut dan akan memakan biaya produksi yang mahal di bagian tinta dan kertas. Selain itu jika ingin memperbanyak produksi ebook anda, tinggal anda copy paste dan anda sudah mendapatkan file siap diunduh berkali-kali, tentunya ini keuntungan yang bagus yang tidak dimiliki jika menjual secara offline.
  2. Jaringan bisnis lebih mudah dibangun. Keuntungan lainnya adalah dibagian pemasaran dan penjualan produk digital anda. dengan teknologi yang sangat canggih dan juga beberapa media online, anda akan dipermudah dalam hal mengembagkan jaringan. Banyak sekali media online yang bisa anda gunakan sebagai fasilitas pemasaran seperti media sosial, forum online, e-mail, dan maish banyak lagi yang lainnya. Memang pemasaran produk fisik juga bisa menggunakan media online, namun penjualan produk digital menggunakan media online akan lebih cepat ketimbang produk fisik yang membutuhkan proses tambahan.
  3. Jual online di Marketplace. Sudah tahu marketplace ? marketplace adalah sebuah aplikasi penjualan produk digital secara online. Contohnya seperti google playstore. Disini anda akan bersaing dengan beberapa produk digital lainnya. Keuntungannya adalah anda tidak perlu repot untuk membeli sebuah web untuk menjual produk digital anda atau membangun sebuah web baru. proses pembelian aplikasinya pun akan diproses secara otomasi dan pemasukan akan langsung masuk ke anda sebagai penerbit produk digital.
Sudah tahu apa saja keuntungannya ? tunggu apalagi, buat produk digital pertama anda dan lakukan inovasi agar produk digital anda dapat laku dipasaran dan dapat bermanfaat bagi orang lain.
Previous
Next Post »