Tips Memaksimalkan Waktu selama di Kantor

tips memaksimalkan waktu selama di kantor
Tips Memaksimalkan Waktu selama di Kantor | Semua pengusaha tahu betul rasanya dikejar-kejar oleh waktu. Pekerjaan yang terus menerus bertambah, sementara waktu yang ada ketika di kantor tidak terlalu cukup untuk digunakan mengerjakan pekerjaan yang diberikan. Terutama ketika pada fase startup, yang tidak henti-hentinya berfikir untuk mengembangkan bisnisnya hingga melupakan waktu yang terlewatkan. Namun tentunya jika anda mampu mengelola waktu yang anda, akan membuat pekerjaan anda dengan mudah terselesaikan, dan produktivitas akan lebih meningkat. Selain itu juga anda harus menghindari tekanan dalam pekerjaan anda, karena dengan adanya pressure dari luar, akan mengganggu fokus anda. berikut beberapa tips dalam memaksimalkan waktu selama di kantor.
  1. Jadwalkan pekerjaan anda di kalender. Anda bisa mengagendakan target anda di kalender. Dengan berfikir dengan jernih kapan pekerjaan anda harus selesai, maka anda akan selalu teringat dengan tanggal yang anda lingkari di kalendertersebut. Namun jangan terlalu banyak mengagendakan pekerjaan anda, karena anda juga perlu waktu luang untuk menenangkan pikiran anda. setiap pekerjaan memang akan memakan waktu yang lama, namun tentunya sudah diperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan, sehingga sebenarnya hal tersebut tidak berat. Dengan begini anda bisa fokusdengan target yang anda kejar dihari tersebut.
  2. Tentukan prioritas pekerjaan.  Agar dapat pekerjaan anda selesai tepat waktu, anda harus bisa mendeskripsikan proyek-proyek yang sedang anda kerjakan. Dengan mendeskripsikan dengan baik, tentunya anda bisa melihat mana pekerjaan anda yang perlu diprioritaskan. Lakukan setiap saat anda bekerja di kantor dan disaat anda mendapatkan proyek baru. deskripsikan pekerjaan anda dengan estimasi waktu yang bisa anda mampu kerjakan. Sehingga pekerjaan anda dapat selesai setiap harinya, kecuali ada hal-hal yang tidak terduga atau hal-hal yang mendadak yang memungkinkan pekerjaan anda terhenti. Dan yang terpenting, dengan memprioritaskan pekerjaan, akan memudahkan anda untuk terus fokus dengan waktu yang terbatas.
  3. Tetapkan waktu dengan bijak untuk tugas yang berulang-ulang. Setiap pegawai tentu sudah ditetapkan harus mengangani pekerjaan di bidang apa. Dan pekerjaan tersebut akan dilakukan berulang-ulang setiap harinya. Salah satu contohnya adalah menanggapi e-mail masuk, dan menaggapi kotak surat yang masuk ke kantor anda. tentunya anda akan sangat sibuk dengan pekerjaan yang berulang-ulang tersebut. alangkah baiknya jika ditanggapi sekaligus dengan cepat, namun memang karena keterbatasan waktu, anda bisa mengatur atau menetapkan waktu dimana anda akan menanggapi e-mail yang masuk dan keesokan harinya untuk menanggapi surat masuk. Selain itu, misalkan anda seorang pegawai dibagian penjualan, tentunya anda akan disibukkan dengan banyaknya pelanggan yang perlu anda temui. Dengan begitu anda bisa saja lupa untuk bertemu disuatu waktu karena kesibukan anda. maka dari itu anda harus membuat jadwal yang tepat untuk bertemu dengan pelanggan berulang-ulang setiap harinya dan berikan tanda di kalender anda.  
  4. Sisihkan waktu anda. pekerjaan memang tidak akan ada habisnya. Namun bukan berarti anda diwajibkan harus mengerjakan pekerjaan tersebut tanpa adanya istirahat atau waktu luang. Dengan mengagendakan pekerjaan anda dengan baik, waktu luang anda tentunya akan ada dan cukup untuk menenangkan pikiran anda yang jenuh, dengan begitu ketika anda kembali bekerja akan menjadi lebih baik lagi. namun, jangan agendakan waktu luang terlalu lama setiap harinya. Karena hal tersebut akan membuang semangat kerja anda dan membuat anda menjadi malas setiap harinya.
Jika anda mampu menerapkan beberapa tips di atas, anda dengan mudah akan menyelesaikan pekerjaan anda setiap harinya dan bisnis yang anda jalankan akan dengan lancar beroperasi.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang keuntungan berbisnis produk digital dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »