Alasan Mengapa Perlu Fokus di Satu Bidang Usaha

Fokus adalah kata-kata dimana dibutuhkan perhatian lebih untuk sesuatu. Dengan adanya fokus tentu apa yang ingin dicapai menjadi lebih mudah. Sama seperti anda fokus kepada satu bidang usaha. Namun kebanyakan orang berpendapat bahwa dengan banyaknya usaha yang sedang dikelola akan memperbanyak penghasilan dan juga jika salah satu usaha tersebut gagal maka tidak akan berarti apa-apa karena masih bisa mendapatkan penghasilan dari usaha lainnya.


Fokus di Satu Bidang Usaha


Pendapat tersebut memang benar, tetapi apakah anda ingin selalu berangan-angan dan selalu berfikir bahwa suatu saat nanti akan ada kegagalan disuatu usaha anda ? bagi para pebisnis pemula tentunya kegagalan adalah hal yang bisa membuat pengalaman menjadi buruk dan selalu pesimis di bidang bisnis. Apakah anda mau terus begitu dan tidak fokus pada salah satu usaha yang anda miliki ? berikut ini ada beberapa alasan yang memberikan pengertian kepada anda mengapa diperlukannya fokus hanya pada satu bidang usaha saja.

1. Waktu

Musuh yang paling dibenci oleh para pebisnis adalah waktu. menurut para pebisnis yang sudah senior menganggap waktu lebih penting dari pada uang. Karena jika berfikir secara logika anda mengejar-ngejar uang, anda akan kehabisan waktu ditengah-tengah dan kegagalan pun akan menimpa anda. Mamun jika anda mengejar-ngejar waktu dan anda mampu untuk tepat waktu, maka uang akan datang secara sendirinya.

Yang terpenting adalah anda harus fokus terhadapat waktu dan selalu bekerja keras untuk membangun produk atau jasa yang anda milki sehingga semakin dikenal oleh konsumen. Dengan fokus pada 1 bidang usaha tentunya anda akan memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak hal dengan usaha yang anda miliki, dari menjalankan strategi pemasaran, mengembakan ide-ide baru, hingga mengembangkan usaha dengan membangun cabang usaha.

Terima saja lah jika anda memang tidak bisa membangun suatu usaha dalam waktu bersamaan karena manusia juga punya batasan dan suatu saat juga anda akan memiliki bisnis lainnya setelah bisnis yang anda miliki memiliki nama besar.

2. Meningkatkan Value Usaha

Dengan banyaknya waktu tentunya anda memiliki waktu untuk melakukan banyak hal. salah satunya adalah meningkatkan value usaha anda. value usaha dapat anda tingkatkan dengan cara anda berfokus pada minat anda yaitu bisnis ini dan tidak hanya menjadikannya sebagai tambahan penghasilan saja. Sehingga anda akan menemukan lebih banyak lagi ide-ide baru yang luar biasa yang akan mengangkat nama usaha anda.

Dengan adanya waktu juga anda bisa berdiskusi dengan costumer untuk mendengarkan feedback dari mereka untuk lebih mengembangkan bisnis anda dan kelak bisnis anda akan menjadi stabil dan siap untuk digerakkan sendiri.

3. Melirik Usaha Lain

Jika usaha yang anda jalankan sudah stabil dan bisa anda tinggalkan, maka anda bisa melirik usaha lainnya untuk anda kembangkan. Namun dengan catatan anda tidak boleh berfikir bahwa usaha baru yang anda jalankan ini untuk mengembangkan usaha anda sebelumnya dalam hal keuangan. Keuangan haruslah dipisah antara bisnis yang sudah stabil dengan bisnis anda yang baru.

Jadi fokus disini bukan berarti anda tidak diperkenankan untuk membuka usaha lainnya, melainkan hanya biarkan usaha anda berjalan dijalannya sendiri-sendiri, dan bukan untuk membantu salah satu keuangan usaha.

Jika usaha sudah berjalan lancar, anda tidak perlu repot lagi untuk mengurus bisnis anda. Anda bisa menggunakan manajer untuk menjalankannya dan anda akan meraup keuntungan atas fokus yang anda jalankan selama ini.
Previous
Next Post »