Panduan Dropship 728x90

Takut Memulai Bisnis ? Ini Penyebabnya !

Bisnis
Setiap orang yang belum pernah memulai bisnis memang wajar jika merasa tidak yakin ketika akan memulai suatu bisnis baru. Dikatakan wajar karena memang pengalaman di bidang bisnis masih sangat kurang sehingga memang akan ragu ketika mengeluarkan uangnya untuk membuka sebuah usaha. Bisnis memang dapat dikatakan menjanjikan untuk kelangsungan hidup. Namun bisnis juga dapat merugikan anda  jika tidak dikerjakan dengan baik. Berikut beberapa  penyebab ketakutan tersebut walaupun usaha sudah bisa dimuai di depan mata.

  • Takut melihat kompetitor yang sudah besar. Perasaan takut akan timbul ketika para pelaku bisnis baru melihat persaingan yang sangat berat dilihat dari banyaknya kompetitor yang sudah sukses dan memiliki usaha yang lebih besar dibanding anda yang masih baru. ketakutan ini harus segera diatasi dengan memiliki jiwa entrepreneur yang membuat anda akan selalu optimis untuk perkembangan bisnis anda.
  • Takut tidak memiliki penghasilan sebulan. Banyak orang yang baru dalam berbisnis sering kali berfikir bawa bisnis yang baru mulai tentunya tidak akan memiliki penjualan yang banyak sehingga penghasilan dalam sebulan tidak akan menutupi modal yang sudah dikeluarkan.
  • Takut calon konsumen tidak ada yang mau dengan produk yang dijual. Memang ketakutan ini seringkali dialami oleh orang-orang ketika menciptakan produk-produk baru dengan kreatifitas sendiri. tentunya konsumen akan mencoba terlebih dahulu namun belum tentu konsumen tertarik. Maka dari itu dibutuhkan strategi promosi yang tepat untuk memperbanyak konsumen anda.
  • Takut menghabiskan modal dengan sia sia. Ketakutan ini juga sangat sering jika baru ingin membuka usaha. Karena dalam membuka usaha memang akan mengeluarkan uang pribadi sebagai modal awal. Dan modal awal inilah yang akan membuat bingung para pemilik bisnis baru ketika dengan jumlah yang besar. ketakutan ini akan memang akan timbul karena uang yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun akan sia-sia karena digunakan untuk bisnis yang belum tentu sukses.
  • Takut ide bisnis dicuri orang lain. Ketakutan ini biasanya akan muncul pada orang-orang yang akan membuka bisnis makanan atau minuman dimana makanan atau minuman itu masih baru sehingga kebanyakan orang takut untuk ide tersebut ditiru dan akan mengurangi angka penjualannya. Apalagi jika ide tersebut sangat menguntungkan. Tentu akan banyak sekali peniru walaupun mungkin rasa tidak sama.
  • Takut bersosialisasi atau bertukar pikiran dengan orang lain. Sama seperti ketakutan sebelumnya dimana pemilik bisnis akan merasa ketakutan jika berdiskusi dengan orang lain. Padahal dengan cara berdiskusi atau bertukar pikiran dengan orang lain akan membuat anda lebih memilii ide-ide baru dan juga bisa mengatasi masalah yang sedang ada di bisnis anda.
  • Tidak berani bertanya kepada senior yang sudah lebih dulu sukses. Ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Hal ini benar dan sangat lekat dengan bisnis. Jika anda tidak berani bertanya maka bisnis anda akan sampai dititik tertentu saja dan sangat sulit untuk berkembang. Padahal anda bisa mengembangkannya jika banyak bertanya dan mencari strategi yang cocok untuk bisnis anda.

Itulah beberapa ketakutan yang biasa dialami oleh pelaku bisnis dalam memulai usaha. Memang sangat sulit untuk mendapatkan percaya diri dalam bisnis namun juga tidak boleh terlalu percaya diri sampai lupa diri. Kendalikan perasaan anda, selalu optimis, dan selalu bertanya jika ada masalah yang timbul. Semoga bermanfaat.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang toko online yang sukses tak bersaing harga dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »