Strategi untuk Mengembangkan Bisnis UKM

Dewasa ini bisnis UKM sering kali kita temukan di pamerah UKM. Bisnis UKM adalah sebuah bisnis yang memiliki skala kecil dan menengah. Namun bukan berarti walaupun dikatakan sebuah usaha kecil tidak perlu adanya strategi-strategi. Karena dengan adanya strategi khusus akan membuat usaha kecil anda berkembang secara bertahap dan menjadi sebuah usaha yang besar. Namun memang membutuhkan waktu dalam mengembangkan usaha berjenis UKM ini.


Strategi untuk Mengembangkan Bisnis UKM


Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya anda menginginkan usaha yang anda jalankan ini berjelanjutan dan tidak berhenti ditengah jalan. Hal ini memang tidak mudah. Berikut beberapa strategi untuk mengembangkan bisnis UKM anda.
  1. Promosi UKM. Salah satu yang tidak bisa lepas dari bisnis adalah promosi. Promosi merupakan cara terbaik yang harus anda lakukan setiap saat untuk memperkenalkan usaha anda kepada orang lain. UKM memang hanya  usaha kecil yang pendapatannya tidak terlalu besar, sehingga untuk memasang iklan memang akan memakan biaya yang besar. tapi tenang saja, masih banyak cara lain untuk mempromosikan usaha anda ke masyarakat. Contohnya seperti mengikuti bazar UKM, promosi di media sosial, dan masih banyak lagi caranya. Mengapa harus dilakukan setiap hari atau bahkan setiap saat dikarenakan dengan promosi yang baik akan membantu anda dalam meningkatkan hasil penjualan setiap harinya.
  2. Jadilah yang terbaik dari pesaing-pesaing anda. UKM adalah bisnis yang mudah untuk dijalankan, sehingga anda hanya butuh strategi serta gebrakan-gebrakan baru untuk meningkatkan kepuasan konsumen-konsumen anda. Memang tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan. Namun dengan promosi saja tidak cukup. Dibutuhkan juga gebrakan seperti diskon besar-besaran sesekali untuk mendatangkan konsumen baru lebih besar. Selain itu juga anda harus bekerja keras setiap hari agar anda dapat mempertahankan usaha anda.
  3. Kerjasama dengan mitra bisnis. Ada  baiknya anda bekerjasama dengan beberapa orang yang bisa membantu meningkatkan bisnis UKM anda. Anda bisa menemukan mitra bisnis anda dimana pun dan siapapun. Bisa saja dengan keluarga anda yang memiliki bisnis UKM jasa pegangkut barang. Dengan bekerjasama anda akan mendapatkan keuntungan dan mitra anda juga akan mendapatkan keuntungannya sendiri. Dengan bekerjasama akan menguatkan anda untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.
  4. Selalu pelajari target pasar anda. Dengan ikut serta dalam mengembangkan bisnis UKM, anda tentunya mengetahui dengan jelas apa  yang pasar inginkan. Dengan mengetahuinya anda harus mengambil langkah yang tepat agar target pasar anda dapat dicapai dan pasar dapat anda kuasai dengan bisnis yang anda miliki. Yang terpenting adalah anda harus selalu berada di tengah konsumen untuk mendengarkan aspirasi dari konsumen anda berupa masukan maupun kritikan pedas.
  5. Komitmen bisnis. Berbisnis bukan hal yang mudah walaupun hanya sekedar usaha kecil. Namun dengan komitmen yang kuat akan membuat bisnis anda lebih kuat dalam mempertahankan usaha anda ini. Karena kebanyakan orang yang tidak berkomitmen usahanya tidak dapat berlangsung lebih lama.
Itulah beberapa tips dalam mengembangkan bisnis UKM agar mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Memang cara-cara yang saya sebutkan diatas tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan di bisnis anda. Namun jika anda tidak serius dan tidak bekerja keras, tentu apa yang sudah anda lakukan akan menjadi sia-sia. Bukannya mendapatkan keuntungan yang besar, malah mengalami kerugian besar. Tentu anda tidak mau bukan ?  maka dari itu, selalu ingat komitmen anda dalam berbisnis.
Previous
Next Post »