Panduan Dropship 728x90

Toko Online yang Sukses Tak Bersaing Harga

Toko Online
Dewasa ini perkembangan bisnis toko online semakin banyak diminati oleh para internet marketer. Lihat saja setiap harinya semakin banyak yang ikut membangun toko online. Alasannya ? ya karena sangat mudah sekali membangun toko online dan tidak membutuhkan banyak modal untuk membangun toko online ini. Tetapi ternyata dalam mencari kesuksesan di toko online tersebut sangatlah sulit. Sebagai contohnya adalah anda berada di tengah pasar yang sangat ramai pengunjung. Anda diibaratkan sebagai toko online dan anda akan berteriak (promosi) untuk menarik pelanggan dikeramaian tersebut dimana toko online lainnya juga berteriak untuk menarik pelanggan. Sangat susah bukan ? begitulah susahnya sukses di toko online ini. Lalu bagaimana caranya anda menarik pelanggan ?


Bersaing dengan Menurunkan Harga


Banyak yang beranggapan bahwa dengan murahnya harga barang akan mendatangkan banyak pelanggan dan bersaing dengan harga murah. Tetapi, itu adalah hal yang kurang bagus dalam bisnis dan dikatakan merugikan bisnis anda sendiri. Mengapa seperti itu ?

Semua orang yang membuka toko online tentu bisa menurunkan harga untuk bersaing mencari pelanggan. Namun apakah dengan menurunkan harga dapat menghasilkan laba ? memang dalam angan-angan dapat diperkirakan dengan harga murah dapat mendatangkan konsumen dalam jumlah yang besar, dan kompetitor akan kalah, namun kenyataannya anda akan kalah dengan kompetitor anda yang memiliki harga diatas harga yang anda miliki. Dengan memangkas harga penjualan anda tentunya akan memangkas biaya operasional dan pelayanan anda pun akan berkurang. Jadi bisa dikatakan bahwa harga mahal bukan berarti penjualan akan berkurang. Malah dapat meningkat karena bagusnya cara pemasaran dan bisa saja diberikan promo-promo untuk para pelanggan. Jadi memang harga mahal bukanlah penurun jumlah pelanggan, malah dapat menaikkan jumlah pelanggan tetap.

Sebagai contohnya adalah perusahaan Apple. Yang menjual produk dengan harga mahal. Padahal orang-orang sudah banyak sekali berkomentar tentang harga tersebut. “ah mahal, speknya juga masih dibawah.” Memang dapat dikatakan merk Apple sangat mahal sekali dengan spek yang kurang, namun mengapa hingga saat ini penjualan produk Apple masih berada di penjualan tertinggi dan menjadi incaran masyarakat kalangan menengah ke atas ?

Meski kompetitor Apple dapat memberikan spek tinggi dengan harga murah, namun merk Apple lebih unggul di bidang promosi dengan konsep yang unik. sama seperti kebanyakan toko online saat ini yang sangat unggul dipenjualannya dan banyaknya konsumen. Ini bukan dikarenakan harganya yang murah, melainkan konsep yang dimiliki oleh toko online tersebut. Bisa saja karena pelayanannya yang ramah, atau pelayanannya 24 jam, dan lain sebagainya. Sehingga nilai dari toko tersebut bukan hanya dari harga jualnya namun juga karena konsep yang ia bangun pada toko online tersebut.

Selain memiliki konsep yang bagus dan unik, anda juga perlu memperhatikan profit. Artinya anda tidak juga salah kalau menetapkan harga yang murah. namun haruslah sesuai dengan profit yang yang anda tetapkan. Ada baiknya jika anda memasang harga yang masuk akal dan anda juga padukan dengan pelayanan terbaik. Sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan tetap yang puas dan ingat selalu dengan toko online anda. sehingga anda hanya perlu memikirkan ide-ide lainnya untuk mendatangkan pelanggan baru.

Jadi kesimpulannya bukanlah harga yang akan membantu anda mendatangkan pelanggan, anda harus tahu terlebih dahulu langkah-langkah untuk membuat toko online menjadi sukses.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang peluang usaha modal kecil dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »