Tips Sukses Berbisnis Investasi Tanah

Bisnis Investasi
Salah satu bisnis yang paling menguntungkan adalah bisnis investasi tanah. Bisnis ini adalah bisnis yang tidak memiliki banyak biaya untuk operasionalnya. Anda hanya tinggal membeli tanah dari seseorang dan anda tidak perlu melakukan tindakan apapun untuk merawat tanah tersebut. Lain halnya seperti investasi properti yang memerlukan reparasi setelah beberapa lama digunakan, tanah tidak perlu adanya reparasi karena memang tidak ada nilai penyusutannya.

Memang bisnis ini terbilang sangat mahal dan hanya bisa dilakukan oleh para pegusaha besar ataupun orang-orang kaya saja. Alasannya tentu untuk dibangun sebuah kawasan perumahan mewah ataupun standar. Dengan mengolah bangunan diatas tanah tersebut akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi tentunya. Namun ada juga orang-orang yang berinvestasi tanah untuk masa depan anak-anak mereka agar dapat membangun rumah impiannya sendiri.

Investasi tanah adalah investasi teraman jangka panjang. Jarang sekali resiko muncul pada investasi ini. terparah mungkin saja terjadi jika tanah yang anda miliki diatas gunung atau bukit yang berpotensi rusak atau longsor. Namun jika lahan yang anda miliki berada di tempat yang aman tentu saja tidak akan dibutuhkan perawatan khusus. Malahan lama kelamaan tanah yang dulunya anda beli dengan harga yang murah malah akan meningkat drastis setelah beberapa tahun.

Ada beberapa tips yang bisa saya berikan untuk anda yang ingin berinvestasi tanah. Antara lain :
  1. Legalitas. Salah satu yang dapat menghambat anda di bisnis investasi tanah ini adalah legalitas dari tanah yang akan anda beli. Sebelum membeli tanah tersebut pastikan tanah tersebut memiliki dokumen serta sertifikat dan persoalan administrasi yang baik. Beberapa dokumen tersebut sangat dibutuhkan jika anda tidak ingin tanah yang anda miliki digugat oleh seseorang. periksa terlebih dahulu sertifikat tanah (SHGB atau SHM), IMB, SPPT PBB tahun terakhir hingga blue print bangunannya jika ada. Selain itu juga anda perlu mengetahui lebih jauh nama pemilik tanah tersebut, luas tanah tersebut, lokasi, dan lain-lain, kemudia cek kebenaran data tersebut langsung ke lokasi tanah yang anda beli. Jika sama berarti tanah tersebut sudah legal untuk anda.
  2. Bebas sengketa. Kebanyakan orang tidak mau melakukan investasi tanah karena banyaknya orang yang merasa memiliki tanah namun tidak memilki surat yang jelas. Maka dari itu pilihlah tanah yang bebas dari sengketa serta memiliki status kepemilikan yang jelas. Karena banyak sekali tanah yang dijual namun masih dalam sengketa dipengadilan seperti kasus pembagian harta warisan, harta gono-gini perceraian, tanah tak bersertifikat, hingga perkara harta sita jaminan bank yang dapat mengganggu bisnis investasi anda.
  3. Lokasi. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya lokasi akan menentukan resiko investasi anda, seperti jika berada di daerah pegunungan dapat beresiko tanah rusak karena gempa, dan lain sebagainya. Tanah akan semakin mahal jika tanah tesebut berada didekat keramaian atau pusat kota. Namun tidak ada salahnya juga jika membeli tanah jauh dari pusat kota. Karena semakin lama, daerah yang tidak ramaipun akan menjadi ramai seiring dengan meningkatnya angka pertumbuhan manusia.
  4. Gunakan jasa notaris. Agar transaksi anda lebih aman, anda bisa gunakan jasa notaris. Karena notaris lebih mengenal daerah sekitar sehingga ia lebih tahu tentang tanah yang anda beli dari seseorang.
Yang terpenting dari investasi tanah adalah selalu waspada dan banyak-banyak bertanya sebelum membeli tanah, karena saat ini banyak sekali tanah yang sedang dalam masa sengketa dan sangat berbahaya jika anda membelinya. namun jika tanah tersebut legal, tentu keuntungan tersendiri memiliki tanah dalam jumlah yang banyak.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang mindset yang harus diubah agar bisnis menjadi sukses dapat membaca artikel sebelumnya...

Previous
Next Post »