Bisnis Kerajinan Sandal Bali

Bisnis Kerajinan Sandal Bali
Bisnis Kerajinan Sandal Bali | Bagi para kaum hawa, tampil cantik adalah kewajiban yang harus terus dipenuhi setiap hari. Dari ujung kepala hingga ujung kaki haruslah diisi dengan pakaian layak yang membuat tubuh menjadi cantik dan mempesona. Dan bahkan ada beberapa wanita yang rela menghabiskan uang yang dimilikinya untuk membeli alas kaki untuk mempercantik diri dan terlihat menarik di muka publik.

Alas kaki memang sebuah pakaian yang sudah seharusnya digunakan. Baik itu berjenis sepatu maupun sandal, semua orang membutuhkannya untuk menjaga kaki agar tetap aman dan bersih. Hal inilah yang membuat banyaknya pelaku bisnis bermunculan untuk mengkreasikan alas kaki menjadi salah satu tujuan utama kecantikan diri. Salah satunya adalah para pengrajin alas kaki di pulau dewata Bali. Di sini banyak sekali pengrajin yang ahli dalam mendesain dan mengolah alas kaki. Produk yang dihasilkan pun terbukti tidak main-main bagusnya. Produknya dikenal hingga keluar pulau bali bahkan hingga diekspor ke luar Indonesia.

Beberapa jenis sendal yang diproduksi di Bali yang banyak dilirik oleh pasar antara lain seperti sandal santai bermodel flat ringan, sandal bali kulit ular, sandal wedge, sandal jepit bali atau sandal untuk pantai, sandal handmade kain katun, dan masih banyak lagi yang memiliki banyak sekali peminatnya.

Dari sekian banyaknya jenis sendal yang saat ini diproduksi di Bali, ada salah satu jenis sendal yang ramai di kalangan kaum hawa, yaitu sendal jepit jenis jepun bali. Banyak sekali yang menggunakan sendal jepit jenis ini karena sendal ini memiliki desain yang cantik dan ditampilkan dengan hiasan bungan jepun Bali atau bunga kamboja dengan campuran warna yang cantik sehingga memang sangat cocok untuk digunakan oleh remaja-remaja di Bali.

Bisnis ini sendiri sebenarnya dimulai oleh para pengrajin usaha ketika Bali menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Dengan sandal-sandal buatan asli Bali tentunya akan memberikan nilai lebih kepada penggunanya saat digunakan di luar daerah Bali. Anda bisa menemukan produk-produk ini di beberapa kawasan di pulaudewata seperti di Ubud, dan lain sebagainya.

Menurut sebuah berita yang dibuat, bisnis sandal di Bali ini telah meraup penghasilan negara sebesar 1,55 juta dolar AS pada tahun 2014 ini. angka ini telah dicapai hanya dalam waktu delapan bulan, namun permasalahan mulai timbul ketika di Indonesia sedang banyak masalah ekonomi. Yang menjadikan nilai jual dari produk-produk Indonesia menjadi turun.

Banyak dari pengusaha dan pengrajin sandal mengakui bahwa bisnis alas kaki ini sebenarnya layak untuk mendapatkan omset yang tinggi karena memang alas kaki merupakan alat yang sehari-hari digunakan oleh semua orang. Namun untuk mendapatkan omset yang lebih besar tentunya dibutuhkan pemasaran yang bagus, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Belakangan ini penjualan sudah sedikit meningkan dengan dibantu oleh para pebisnis muda ya memberikan ide-ide baru untuk aneka souvenir sehingga para touris bisa dengan mudah memilih apa yang diinginkannya. Salah satu contoh ide sendal jepit produk Bali yang terbaru adalah sandal jeput dari pelepah pisang dan daun lontar khusus.

Peningkatan bisnis ini diharapkan terus terjadi dan juga diharapkan para pelaku bisnis baru banyak bermunculan untuk meningkatkan perekonomian indonesia sehingga produk-produk asli Indonesia banyak yang diekspor dan memiliki nilai jual yang layak.
Previous
Next Post »