Tips Memilih Partner Bisnis

Tips Memilih Parter Bisnis
Tips Memilih Partner Bisnis | Dalam sebuah bisnis yang besar, anda akan melihat begitu banyaknya partner yang berguna untuk membangun bersama-sama bisnis yang sedang dijalankan. Sebagai mitra yang baik tentunya bisnis akan terus berkembang dengan banyaknya ide-ide baru. berbeda dengan teman, partner bukanlah orang yang bisa anda dapatkan dengan mudah seperti halnya teman baru. namun partner harus bisa bekerja sama dan satu visi dengan perusahaan yang sedang anda jalankan. Dengan begitu terbentuklah keyakinan, kepercayaan dan kesetaraan dengan anda sebagai pemilik bisnis. Berikut beberapa tips untuk memilih mitra atau partner yang baik untuk meningkatkan bisnis anda.
  1. Pilihlah mitra bisnis yang mempunyai kredibilitas yang baik. Seseorang dapat anda lihat kredibilitasnya melalui cara ia bekerja dan kemampuan serta pengetahuan yang ia miliki. Memlih partner dari keluarga ataupun teman terdekat belum tentu jaminan bahwa mereka adalah mitra bisnis yang baik untuk bisnis anda. dengan partner yang memiliki kredibilitas yang baik, perusahaan anda akan menjadi lebih dapat unggul dari pesaing-pesaing anda.
  2. Adanya kesamaan visi dalam bisnis. Tidak semua orang mengerti bisnis dan tidak semua orang memiliki visi yang sama dalam berbisnis. Visi atau tujuan bisnis yang sama akan berdampak baik kepada perkembangan bisnis anda. karena dengan partner yang bervisi sama berarti anda memiliki pemikiran yang sama antara rekan bisnis anda dan mudah dalam mendapatkan kesepakatan bersama.
  3. Jaringan. Kebanyakan orang mendapatkan partner bisnis melalui jaringan yang ia miliki. Entah itu melalui sebuah forum, komunitas profesional, atau apapun itu yang sesuai dengan bidang bisnis yang anda jalankan. Anda bisa mencari partner anda di melalui jaringan-jaringan lainnya. Caranya dengan memperluas jaringan anda dan menempatkan diri anda dalam komunitas yang bagus. cobalah untuk bertemu dengan orang-orang baru seperti teman dari teman anda, atau klien-klien baru yang bisa anda jadikan sebagai partner bisnis anda.
  4. Pembagian tugas yang sesuai dan tepat. Sebagai mitra tentunya anda tidak ingin memberatkan pekerjaan mitra anda dan tidak sesuai dengan kemampuannya. Maka dari itu tentukan tugas yang harus anda kerjakan dan tentukan apa yang harus mitra anda kerjakan. Contohnya adalah anda bagian manajemen oprasional dan mitra anda di bagian manajemen pemasaran. Dengan begitu pekerjaan akan dengan mudah selesai.
  5. Kecocokan. Dalam berbisnis juga harus ada kecocokan kerja antara anda dan mitra anda. mencari partner bisnis sama seperti halnya mencari pasangan hidup. Diperlukan kesamaan dan pola pikir yang sama. Tentunya jika tidak cocok akan membahayakan bisnis anda dan terjadinya perpecahan di internal bisnis anda.
  6. Mitra selalu terbuka untuk anda. bila mitra bisnis anda tertutup dalam hal informasi yang ada diekternal maupun internal perusahaan anda, maka dia bukanlah mitra yang baik. Akrena dengan adanya keterbukaan dari mitra akan memudahkan anda dalam memecahkan beberapa masalah yang ada.
  7. Partner bisnis adalah orang yang akan memberikan segenap kemampuannya untuk memajukan bisnis anda. bila partner anda cenderung hanya ingin mendapatkan apa yang dia inginkan di perusahaan anda, maka bisa dikatakan bahwa ia bukanlah partner yang baik.
Ituah beberapa tips dalam memilih partner yang baik. Yang terpenting adalah tanamkan kedalam benak anda bahwa partner akan meningkatkan bisnis anda menuju perkembangan yang lebih baik dan lebih baik lagi. karena lebih baik 2 orang yang berfikir dari pada hanya 1 orang yang berfikir.


Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang peluang usaha penyewaan tenda dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »