Peluang Usaha Penyewaan Tenda

Peluang Usaha Penyewaan Tenda | Setiap harinya tidak pernah tidak ada kegiatan. Baik kegiatan formal, kegiatan non-formal, kegiatan yang behubungan dengan kebahagiaan, hingga kegiatan yang berhubungan dengan kesedihan. Dari situlah muncul ide bisnis atau peluang usaha yang dapat menjanjikan setiap harinya. Bisnis ini adalah bisnis penyewaan tenda acara. Peluang usaha yang satu ini sangat memiliki prospek yang tinggi melihat setiap harinya selalu ada kegiatan yang membutuhkan peralatan seperti tenda. Baik itu kegiatan dalam skala yang besar dengan kapasitas hingga 100 orang lebih hingga kapasitas kecil yang hanya 50 orang.

Peluang usaha penyewaan tenda ini tidak hanya menyediakan tenda sebagai pelindung dari panas maaupun hujan, namun juga berbagai perlengkpan lainnya seperti panggung, kursi, meja, flooring, dekorasi, dan masih banyak lagi. namun terkadang memang ada penyewaan tenda yang memiliki banyak fasilitas dan ada juga yang hanya menyewakan tenda beserta perlengkapan standar. Karena memang untuk memiliki semua fasilitas dibutuhkan banyak sekali modal.

Peluang usaha penyewaan tenda ini masih dikatakan tetap prospektif karena pada tahun 2014 ini saja masih sedikit sekali yang menjadi pelaku bisnis penyewaan tenda ini. mungkin saja dikarenakan dibutuhkan modal yang besar, tenaga kerja yang banyak dan juga uang modal kembali cukup lama. Maka dari itu kita akan bahas lebih dalam mengenai peluang usaha ini.


Peluang Usaha Penyewaan Tenda


Sebelum mengambil langkah pertama dalam usaha penyewaan tenda ini anda perlu menganalisa terlebih dahulu sejauh mana modal anda mampu mendanai bisnis yang satu ini. pikirkan terlebih dahulu sehingga anda bisa mengambil ancang-ancang untuk berbisnis di skala kecil atau di skala besar. skala kecil anda bisa berinvestasi dengan modal sekitar 170 juta rupiah. Skala kecil ini biasanya hanya mampu menyediakan penyewaan tenda sebanyak 4 kegiatan dalam seharinya. Namun jika anda berinvestasi dengan modal hingga 780 juta rupiah, maka anda mampu untuk menangani kegiatan beskala kota. Tentunya keuntungan tiap skala akan berbeda.

Kapasiatas penyewaan adalah hal perlu untuk diperhitungkan. Setiap hari tentunya akan ada kegiatan, namun yang paling sering dan selalu ada acara adalah di hari sabtu dan minggu dimana pada hari tersebut banyak yang mengadakan acara seperti pernikahan. Jadi bisa di asumsikan dalam sepekan anda akan menyewakan tenda sebanyak 2 kali dan berarti dalam sebulan anda dapat menyewakan 8 kali. Penyewaan itu tentunya belum dihitung hari-hari seperti hari senin hingga jum’at. Sehingga jika dihitung kapasitas penyewaan anda minimal setiap harinya akan ada 24 kali penyewaan. Sangat besar bukan peluangnya ?

Kemudian target pasar dari bisnis ini tergantung dari skala bisnis ini sendiri. jika skala penyewaan tenda anda hanya kecil maka target pasar anda adalah skala rumahan dan acara terbuka dengan luas tenda sampai dengan 100 m2. Target pasar ini terdiri dari sekolah, perumahan, kelurahan/RT/RW, masjid, karang taruna, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah kendaraan anda untuk mengangkut peralatan sampai pada konsumen anda.

Untuk promosi bisnis ini tidak terlalu perlu banyak melakukan iklan. Karena memang bisnis ini tidak terlalu banyak pesaing, jadi anda bisa menyebarkan kartu nama saja dan beberapa spanduk. Jika baru memulai usaha ini anda bisa memberikan diskon harga agar banyak memiliki pelanggan tetap.

Itulah penjelasan mengenai peluang bisnis penyewaan tenda. Memang modal yang digunakan sangat banyak sekali, namun hal ini lebih sedikit dibandingkan dengan pendapatan yang nantinya akan ada dapatkan. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »