Panduan Dropship 728x90

Tips Promosi Bisnis dengan Word of Mouth Strategy

Tips Promosi Bisnis, Word Of Mouth Strategy
Tips Promosi Bisnis | Persaingan bisnis saat ini memang sangat ketat sekali. Semua pelaku bisnis terus berfikir mencari cara bagaimana cara menjalankan strategi promosi yang tepat untuk mendapatkan target pasar yang sudah direncanakan. Dalam berbisnis memang kita tidak bisa berdiam diri dan menunggu konsumen untuk datang sendiri ke bisnis anda, namun sebaliknya kita harus terus bergerak dan mengembangkan beragam ide seru yang tidak basi seperti biasanya. Ide-ide ini harus anda temukan sendiri melalui fenomena yang anda lihat. Semakin bagus ide anda dan anda bisa mengaplikasikannya ke bisnis anda, anda bisa bersaing dengan beberapa pelaku bisnis lainnya.

Menjalankan bisnis agar dapat menjadi sukses tidak pernah terlepas dari suksesnya upaya promosi yang anda lakukan untuk memperkenalkan produk yang anda miliki. Memang saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. akan tetapi ada juga salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh anda yang baru menjalankan bisnis agar lebih hemat biaya dan lebih efektif dalam promosi. Cara tersebut adalah dengan melakukan word of mouth strategy. Ingin tahu lebih dalam mengenai strategi ini ? mari disimak informasi berikut ini.

Word of mouth atau penyampaian pesan adalah sebuah cara komunikasi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menyebarkan informasi namun bukan informasi yang bersifat komersil, melainkan hanya sebuah informasi yang bersifat ringan untuk menambah pengetahuan.  Pemberian pesan ini walaupun tidak dengan maksud untuk komersil namun banyak ara ahli mengatakan bahwa word of mouth lebih efektif dalam meningkatkan respon seseorang untuk membeli produk atau jasa yang anda perdagangkan. Dan kenyataannya juga mengatakan hal yang sama bahwa banyak orang yang lebih senang mencoba sebuah produk atau jasa yang dikatakan atau direkomendasikan oleh orang-orang terdekatnya, seperti keluarga, teman, kerabat,dan lain sebagainya.

Nah untuk memulai untuk melakukan word of mouth ini, anda harus mempelajari beberapa langkah terlebih dahulu agar strategi pemasaran yang satu ini bisa berjalan dengan lancar. Beberapa langkah tersebut antara lain :
  1. Menawarkan pengalaman seru. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan penawaran khusus untuk pelanggan anda yang bisa membawanya kepada sebuah pengalaman yang begitu berarti dan membuatnya mudah untuk menceritakan pengalamannya tersebut kepada orang lain. Dengan begitu mereka akan semakin percaya dan memberikan loyalitasnya kepada bisnis anda. contoh termudahnya adalah misalkan anda membuka bisnis percetakan, bisa dengan memberikan edisi khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan setia anda.
  2. Melibatkan banyak orang. Kebanyakan orang senang untuk terlibat dengan bagaimana bisnis akan berkembang. Anda bisa mengobrol dengan konsumen anda dan membicarakan bagaimana baiknya sebuah bisnis berjalan. Ambil ilmu-ilmu yang dimiliki dan kembangkan usaha anda. misalkan kebanyakan orang senang dengan sebuah hadiah, maka anda harus membuat sebuah kuis yang bisa memberikan hadiah untuk pelanggan anda.
  3. Selalu berhubungan dengan pelanggan. Menjalin komunikasi dengan pelanggan akan mendatangkan pelanggan baru melalui pengalaman yang ia miliki bahwa bisnis anda adalah bisnis yang ramah dan fast respon. Anda bisa menjalin komunikasi melalui media sosial ataupun melaui pesan singkat atau e-mail. Selain itu juga mintalah tips dari pelanggan anda. memang terkadang ada yang tidak senang, namun kita harus bisa memperbaiki beberapa kesalahan yang tidak kita ketahui melalui penyampaian word of mouth ini.
Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang tips memilih partner bisnis dapat membaca artikel sebelumnya...
Previous
Next Post »